TUJUAN WISATA TANAH AIR - KALSEL #5



Seperti namanya, kabupaten ini memiliki wisata alam yang beragam, dari perbukitan yang terhampar dengan beragam keindahan yang menyertainya srperti air terjun, hingga pesisir laut yang memanjakan mata.

Pertama kali berwisata di daerah Tanah Laut ketika itu di akhir semester 1 sekitar awal 2013.
Perjalanan dimulai dari kampus IAIN Antasari Banjarmasin sekitar jam 7 pagi menggunakan bus. Sesampainya di kawasan Gunung Khayangan singgah sebentar sekadar berswafoto kemudian perjalanan dilanjutkan menuju daerah Bajuin. 

Bajuin adalah sebuah daerah dengan wisata alamnya yang terkenal yaitu air terjunnya. Untuk mencapai air terjun tersebut kita harus mendaki bukit kurang lebih 30 menitan. Dan perjalanan ini selesai. 

Liburan berikutnya maaih dengan teman kuliah,  kali ini tujuannya adalah pantai Batakan yang sangat populer dikalangan masyarakat Kalsel bahkan diluar Kalsel. 
Selain menikmati wahana permainan yang tersedia, ada satu pulau yang menjadi tujuan wisata sejarah dan religi, pulau ini disebut pulau datu. Konon katanya di pulau ini disemayamkan leluhur (datu)  dari orang Batakan, adapula yang mengatakan Ulama. 

Sayangnya,  pantai ini agak kotor karena sampah yang tidak tertangani dwngan baik,  selain itu pengelolaan yang kurang baik menjadikan pantai ini memiliki beberapa kesan kurang mengenakan bagi pengunjung. 

Masih bernuansa pantai, satu lagi pantai yang sampai kini masih banyak dikunjungi karena aksesnya yang mudah dan murah (karena terbilang dekat dari Banjarmasin) yaitu Pantai Takisung.

Waktu berjalan, dan beberapa bukit mulai menjadi viral di media sosial dan menjadi tujuan wisata masyarakat yang kebanyakan adalah anak muda,  guna menambah galeri instagramnya. 

Hingga kini ada banyak perbukitan dan perpantaian yang bisa dikunjungi di Kabupaten Tanah Laut. Kawan-kawan bisa search di google, sekarang atau nanti tidak masalah.

Semoga setelah ini bisa membagikan tulisan yang lebih spesifik tentang suatu daerah atau tempat di Tanah Laut, untuk saat ini itulah gambaran dari Tala. Terima kasih. 


Fakhri
Admin Twitter: @emfakhry_ar
Instagram: emfakhry.ar
Penulis Musiman
Suka Jalan Jauh

Posting Komentar

0 Komentar