IDAMAN - KALSEL #4


Boleh dibilang kalau Banjarbaru adalah kota yang cukup baik dalam mengelola kawasan pemukiman menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi dengan nuansa yang sangat mendukung untuk diabadikan dan dibagikan di media sosial sebagai daya tariknya.

Sebut saja Kawasan Kota Citra Graha yang mengawali sebagai kawasan pemukiman dengan wahana wisata danaunya, lalu lambat laun mulailah dirintiskampung pelangi dan berbgai macam kawasan lainnya di banjarbaru.

Kota ini disebut sebagai Kota Idaman, konon katanya, tata kotanya pun dirancang sebagai sebuah Kota yang idealsebagai Ibukota Propinsi, meskipun Banjarmasin masih menjadi Ibukota Propinsi Kalimantan Selatan, akan tetapi pusat pemerintahan Kalsel kini berada di Banjarbaru.

Aku mengenal Baanjarbaru sekitar tahun 2006-an, kala itu kawan-kawan ku bercerita tentang kegiatan Tanglong yang rutin diadakan pada malam 21 Ramadhan tiap tahunnya, kegiatan itu berupa pawai kendaraan hias sampai pertunjukan kembang api di Lapangan Murjani Banjarbaru. Meski sekarang kegiatan itu sudah tidak diadakan, Masih banyak kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pemerintahan atau korporasi di Lapangan itu. 

Satu hal yang perlu ku ceritakan adalah, bagi orang yang baru pertama ke Banjarbaru mungkin akan sedikit kagok atau terkejut dengan keadaan sosial masyarakatnya, karena maklum saja, kota ii adalah wilayah dengan keragaman suku terbanyak di Kalsel. Karenanya, meski Bahasa Banjar masih menjadi lingua franca atau bahasa pengantar, tetap saja tidak semua pendatang fasih dengannya.

Sebagai Kota Pelayanan, di kota ini terdapat Bandara dan Hotel-Hotel berbintang serta tempat-tempat perkulineran yang sangat beragam. Ada tempat wisata dan hiburan juga. Yaa seperti kota-kota pada umumnya lah. 

Jika kalian ingin mencari tempat penginapan, wisata, hiburan, kuliner dan sebagainya,  kalian bisa cari sendiri di google maps. 

Terima kasih sudah bersedia meluangkan waktu untuk membaca. Hanya sedikit yg bisa dibagikan dari kota ini. Salam. 

Fakhri
Admin Twitter: @emfakhry_ar
Admin Instagram: emfakhry.ar
Penulis Musiman
Suka Jalan² Jauh

Posting Komentar

0 Komentar